Selasa, 13 April 2010

Riset Suhu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Suhu adalah tingkat atau derajat panas suatu benda. Banyak sekali kejadian di kehidupan kita yang berkaitan dengan suhu atau derajat panas benda tersebut. Misalnya: Suhu badan orang sakit berbeda dengan suhu badan orang yang tidak sakit atau sehat, suhu air sebelum direbus dan suhu air yang sudah di rebus, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.

Berbicara tentang suhu, saya jadi teringat pada saat saya menonton berita yang menginformasikan kericuhan pada saat konser ST 12. Pada saat itu mungkin penontonnya berjumlah kurang lebih 2000 orang, maklum saja band tersebutkan termasuk band yang sedang naik daun dan digemari banyak orang mulai dari anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Karena jumlah penonton yang terlalu banyak yang mengakibatkan para penonton bersesak-sesakan sehingga udara pun menjadi panas, secara tidak langsung udara tersebut juga mempengaruhi emosi para penonton. Karena emosi yang semakin memanas dipengaruhi keadaan sekitar yang panas juga sehingga disenggol sedikit pun orang jadi cepat marah. Pada saat itu kan memang kondisinya sempit dan berdesak-desakan jadi kejadian senggol-menyenggol pun sering terjadi dan akhirnya emosi yang tidak dapat tertahankan mengakibatkan kericuhan tidak dapat dihindari.

Pada saat SMP saya mengikuti hikking pramuka, pada saat itu cuacanya memang sangat panas ditambah lagi kami membawa keperluan hikking dan survival yang cukup berat, namun membawanya secara bergantian. Orang yang membawa barang pertama kali adalah saya dan temen saya Leny. Setelah cukup jauh berjalan, kami pun kecapekan karena membawa barang yang cukup berat itu. Dan kami meminta agar diganti orang yang membawa barang itu, namun mereka tidak mau dengan alasan capek, padahal saya dan Leny juga merasa capek. Karena pada saat itu saya sangat capek ditambah lagi cuaca yang sanagat panas, akhirnya emosi saya menjadi naik dan langsung memarahi teman-teman saya itu. Teman saya pun juga menanggpi amarah saya sehingga hampir terjadi pertengkaran di pinggir jalan, namun kakak kelas saya kak Titin melerai kami dan kami pun menghentikan perkelahian walaupun di dalam hati masih sebel dan di tengah perjalanan hanya diam saja.

Mungkin itu adalah contoh kejadian yang berkaitan dengan suhu berdasarkan pengalaman yang saya alami. Jika terdapat kekurangan tentang apa yang saya tulis harap dimaklumi karena saya hanya manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan dan khilaf. Dan jika ada kritik atau saran dapat meninggalkan komentarnya. TERIMAKASIH.

1 komentar: